Penilaian Sistem IRT (Item Response Theory) Dalam UTBK

Calon peserta yang akan mengikuti UTBK 2022, persiapan materi dan fisik tentunya harus disiapkan dengan matang. Tak hanya itu, sistem penilaian terbaru juga harus diketahui oleh peserta.  Perlu kamu ketahui UTBK di tahun 2022 menggunakan sistem penilaian Item Response Theory (IRT).

UTBK ialah ujian yang banyak dinanti oleh lulusan sekolah menengah. Selain memberi kesempatan masuk kampus lewat jalur SBMPTN, beberapa universitas ternama juga mengambil nilai UTBK menjadi syarat seleksi jalur mandiri.

Sistem IRT sendiri merupakan pendekatan dengan menganalisis ujian dengan model matematika. Pembobotan nilai tidak sama untuk setiap sub tesnya karena dipengaruhi oleh tingkat kesulitan soal. Konsep penilaian IRT sebagai berikut.

• Tahap 1: Skor dengan poin 1 diberikan untuk soal yang dijawab benar dan poin 0 untuk soal yang tidak dijawab.
• Tahap 2: Dilakukan analisis dengan teori IRT. Dapat dikatakan soal yang dijawab paling sedikit oleh semua peserta UTBK akan memiliki skor yang tinggi dan sebalikya.
• Tahap 3: Karakteristik soal pada tahap sebelumnya digunakan untuk perhitungan skor peserta. Dan skor tertinggi diberikan pada soal yang sulit.

Dengan memahami mekanisme penilaian UTBK, kamu bisa lebih cermat saat mengerjakan soal-soal. Kamu pun bisa memanajemen waktu sebaik mungkin agar tidak terpaku pada soal yang sulit. Harapannya kamu tidak akan kebingungan lagi ketika salah mengerjakan atau membiarkan jawaban kosong, agar nilai UTBK kamu lebih maksimal.

Tinggalkan komentar